Friday 10 December 2010

Gua Mammoth (Mammoth cave)



Gua Mammoth (Mammoth Cave) adalah  gua raksasa yang berada di suatu taman nasional yang terletak di pusat kota Kentucky. Gua Mammtoh ini, sedemikian besarnya dan merupakan bagian dari sistem gua terpanjang di dunia. Nama resmi dari sistem ini adalah Mammoth-Flint Ridge Cave. Sistem jembatan terletak di bawah gua. Tamannya menjadi taman nasional sejak 1 Juli 1941, dan ditetapkan menjadi salah satu situs Keajaiban Alam di Dunia oleh UNESCO, 27 Oktober 1981 dan juga menjadi International Biosphere Reserve, 26 September 1990

Mammoth Cave National Park, sebenarnya merupakan system sungai bawah tanah dan gua-gua di tanah tinggi yang terletak di pusat kota Kentucky. Di tempat ini wisatawan akan dapat menjumpai spesies tanaman langka dan spesies hewan langka. Panjangnya lebih dari 365 mil (sekitar 560 km) dan berupa ruang bawah tanah yang terletak di tanah kapur. Mammoth Cave National Park ini merupakan area petualangan yang sangat mengasyikkan. Karena Mammoth Cave begitu besarnya, maka untuk menjelajahinya, dibagi menjadi beberapa area.Tetapi ada juga area di mana pengunjung tidak dapat menjelajahi. 

Setiap mengikuti tur wisata yang berlangsung selama satu sampai enam jam, para wisatawan akan senantiasa merasakan keunikan Mammoth Cave dan, menawarkan pengalaman yang berbeda. Penjelajahan berlangsung dari satu sampai enam jam. Selain wisata gua Mammoth, juga terdapat wisata lain, seperti , MGrand Avenue, Misery Fat Man dan Frozen Niagara. Salah satu wisata yang paling populer adalah wisata sungai, yang karena berbagai alasan dihentikan pada tahun 1990-an.

Gua Mammoth yang telah dieksplorasi, saat ini telah mencapai lebih dari 300 mil. Jangan dikira bahwa jarak sejauh ini mirip dengan saat kita berjalan di trotoar atau di jalan aspal. Banyak diantaranya harus melalui ruang yang sempit, tangga yang licin dan di bawah langit-langit yang rendah. Tapi justru inilah yang memberikan tantangan bagi para wisatawan untuk menaklukkannya sekaligus sebagai lahan pendidikan dan sarana informasi.

Untuk melakukan penjelajahan ini, banyak wisatawan, pada akhir pekan, berkemah di Taman Nasional Gua Mammoth, yang jaraknya cukup dekat dengan gua Mammoth. Berkemah di taman nasional ini sangat ideal bagi para wisatawan yang tidak hanya ingin berwisata ke gua Mammoth saja, sebab di sana juga terdapat tempat berkemah Back Country.

Penjelajahan  terpendek hanya berlangsung selama satu jam, sementara beberapa penjelajahan dapat membutuhkan waktu hingga enam jam. The Wild Gua Mammoth Cave Tour adalah terpanjang, dapat menghabiskan waktu lebih dari enam jam dan yang terbaik untuk bagi mereka yang bisa bertahan berjalan beberapa mil, maka penjelajahan terbaik jika mereka dapat melampau jarak lebih dari lima mil.

Karena gua Mammoth terletak di bawah tanah, maka cuaca tidak terlalu mempengaruhi kunjungan para wisatawan, kecuali jika tertarik untuk berkemah atau menjelajahi lebih dari sekedar “hiking trails”. Namun, suhu udara bisa sedikit lebih dingin selama musim dingin, maka biasanya waktu terbaik untuk mengunjungi adalah selama musim gugur dan musim semi.

Yang paling penting, untuk menjelajahi Gua Mammoth adalah perlengkapan pakaian. Pakailah sepatu yang nyaman dan pakaian yang berlapis-lapis. Sebab ketika sampai ke area yang lebih jauh ke dalam gua, udaranya menjadi lebih dingin. Meskipun penjelajahan ke Mammoth Cave selalu disertai pepandu, tetapi pastikan untuk bertanggung jawab akan keselamatan diri sendiri dan jangan pergi-pergi ke tempat lain sendiri, karena ada banyak tangga yang licin dan ruang yang sempit, yang dapat menyebabkan cedera jika tidak hati-hati. Ada banyak hal yang tidak diperkenankan pada wisata gua ini, termasuk kereta bayi, orang yang berjalan dengan menggunakan tongkat atau tripod.

No comments:

Post a Comment