Sunday 5 June 2011

Membaca Dengan Efektif


Salah satu unsur penting dalam Manajemen Diri adalah membangun kebiasaan untuk terus menerus belajar atau menjadi manusia pembelajar yang senantiasa haus akan informasi dan pengetahuan. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Henry Ford, pendiri General Motors yang mengatakan bahwa "Anyone who stops learning is old, whether at twenty oreighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keepyour mind young."
 
Tidak peduli berapapun usia kita, jika kita berhenti belajar berarti kita sudah tua, sedangkan jika senantiasa belajar kita akan tetap awet muda.
 
Karena hal yang terbaik di dunia akan kita peroleh dengan memelihara pikiran kita agar tetap muda. Salah satu cara paling efektif untuk belajar adalah dengan membaca. Namun sayangnya sebagian besar kita tidak pernah punya waktu untuk membaca. Alasan utama yang sering kita sampaikan adalah kesibukan pekerjaan. Kita terjebak dalam rutinitas dan tekanan pekerjaan sehingga tidak memiliki kesempatan untuk mengasah gergaji kita, seperti yang diceritakan oleh Stephen Covey dalam bukunya "The 7 Habits of Highly Effective People" sebagai berikut: Andaikan saja anda bertemu seseorang yang sedang terburu-buru menebang sebatang pohon di hutan."Apa yang sedang anda kerjakan? Anda bertanya."Tidak dapatkah anda melihat?" demikian jawabnya dengan tidak sabar. "Saya sedang menggergaji pohon ini.""Anda kelihatan letih!" anda berseru. "Berapa lama anda sudah mengerjakannya?""Lebih dari lima jam," jawabnya, " dan saya sudah lelah! Ini benar-benar kerja keras.""Nah, mengapa anda tidak beristirahat saja beberapa menit dan mengasah gergaji itu?" anda bertanya. "Saya yakin anda akan dapat bekerja jauh lebih cepat.""Saya tidak punya waktu untuk mengasah gergaji," orang itu berkata dengan tegas."Saya terlalu sibuk menggergaji."Bahkan menurut Covey, kebiasaan mengasah gergaji merupakan kebiasaan yang paling penting karena melingkupi kebiasaan-kebiasaan lain pada paradigma tujuh kebiasaan manusia efektif. 
 
Kebiasaan ini memelihara dan meningkatkan asetter besar yang kita miliki yaitu diri kita. Kebiasaan ini dapat memperbarui keempat dimensi alamiah kita – fisik, mental, spiritual, dan sosial/emosional. Membaca merupakan salah cara kita untuk memperbaiki dan meningkatkanefektifitasdiri kita. Meskipun kita memiliki "keterbatasan waktu", kita tetap perlu mngasah gergaji kita. Caranya adalah dengan menguasai cara membaca yang efektif sehingga waktu yang kita gunakan menjadi efisien.
 
Namun sebelumnya kita perlu mengenali berbagai tipe gaya belajar seseorang,yaitu:
 
a. Visual.
 
Belajar melalui melihat sesuatu. Kita suka melihat gambar atau diagram. Kitasuka pertunjukan, peragaan atau menyaksikan video.
 
b. Auditori.
 
Belajar melalui mendengar sesuatu. Kita suka mendengarkan kaset audio,ceramah kuliah, diskusi, debat dan instruksi verbal.
 
c. Kinestetik.
 
Belajar melalui aktivitas fisik dan keterlibatan langsung. Kita suka"menangani", bergerak, menyentuh dan merasakan/mangalami sendiri.
 
Semua kita, dalam beberapa hal, memanfaatkan ketiga gaya tersebut. Tetapi kebanyakan orang menunjukkan kelebihsukaan dan kecenderungan pada satu gaya belajar tertentu dibandingkan dua gaya lainnya. Pada anak-anak kecenderungannya adalah pada kinestetik dan auditori, namun pada saat mereka dewasa, kelebihsukaan pada gaya belajar visual ternyata lebih mendominasi. Memahami gaya belajar pribadi anda akan dapat meningkatkan kinerja danprestasianda. Anda akan mampu menyerap informasi lebih cepat dan mudah. Anda dapatmengidentifikasi dan mengapresiasi cara yang paling anda sukai untukmenerimainformasi. Anda akan bisa berkomunikasi jauh lebih efektif dengan orang lain dan memperkuat pergaulan anda dengan mereka.
 
Tiga Faktor Penting Meningkatkan Kemampuan Belajar Ada tiga faktor penting dalam penguasaan ketrampilan untuk belajar:
 
Faktor pertama adalah pola pikir dan sikap (mindset and attitude) kita terhadapbelajar.Kita harus memiliki hasrat (desire) dan kecintaan (passion) yang dalam terhadap nilai-nilai untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Belajar tidak hanya sekedar melalui pendidikan formal semata, tetapi dalam setiap aspek kehidupan kita harus senantiasa mengembangkan sikap belajar. Sikap mau membaca,mendengar,mau mengerti dan mau belajar dari orang lain merupakan sikap yang perlu senantiasa dikembangkan jika kita ingin memperbaiki diri ataupun gagasan kita.
 
Faktor kedua dalam meningkatkan ketrampilan untuk belajar adalah kemampuan kita untuk mendayagunakan kekuatan pikiran kita (terutama pikiran bawah sadar –subconscious mind) untuk mempercepat proses belajar (accelerated learning). Pikiran bawah sadar merupakan kekuatan yang luar biasa jika kita dapatmengoptimalkan potensinya. Seringkali kita melupakan bahwa anugerah yang terindah dan terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita adalah kemampuan pikiran kita. Hal inilah yang membedakan kita dengan ciptaanNya yang lain.
 
Hal yang paling mudah kita lakukan untuk mengembangkan ketrampilan untuk belajar adalah dengan banyak membaca. Meluangkan waktu sedikitnya satu jam sehari untuk membaca buku merupakan kebiasaan yang baik bagi kita untuk mulai mengembangkan diri kita.Banyak sekali metoda untuk meningkatkan kecepatan membaca (speed reading) maupun pemahaman (comprehension) terhadap isi dari suatu buku. Ketrampilan inilah yang amat kita perlukan untuk meningkatkan daya serap dan kecepatan kita dalam membaca sebuah buku. Selain membaca, meningkatkan kemampuan dapat diperoleh melalui seminar, pelatihan maupun mendengarkan kaset-kaset motivasi.
 
Faktor ketiga dalam meningkatkan kemampuan belajar kita adalah disiplin diri dan kegigihan (self discipline and persistence).Tanpa kedua hal ini maka belajar hanyalah kegiatan yang sifatnya tergantung suasana hati (mood) dan kita tidak dapat mencapai keunggulan (excelence)hanya dengan belajar setengah hati.
 
Sudah saatnya kita mengubah kebiasaan-kebiasaan kita. Ada pepatah yang mengatakan "Your Habits will Determine Your Future. Miliki kebiasaan belajar, dan mulai langkah pertama anda. Proses mengubah kebiasaan sangat ditentukan oleh kedisiplinan diri dan kegigihan kita, sehingga setelah melakukannya dalam periode waktu tertentu, hal tersebut tidak lagi menjadi beban tetapi telah menjadi kebutuhan. Jika pada awalnya sulit melakukan tetapi setelah itu anda jadi terbiasa.
 
Ketrampilan Dasar untuk Membaca yang Efektif.
 
Sebelum kita mengembangkan kemampuan membaca dengan efektif, kita perlu menguasai terlebih dulu beberapa ketrampilan dasar, yaitu:
 
1. Konsentrasi  
 
Kebanyakan kita menganggap bahwa konsentrasi adalah pekerjaan berat dan sangat sulit dilakukan. Kita memiliki suatu keyakinan bahwa hal tersebut susah untuk dilakukan. Padahal kalau kita menyenangi sesuatu, katakanlah menonton konser musik band favorit kita atau film di bioskop, maka kita akan dapat berkonsentrasi menikmati pertunjukan yang berlangsung lebih dari dua jam. Kita ternyata dapat berkonsentrasi cukup lama jika kita melakukan sesuatu yang kita senangi. Inilah pola pikir pertama yang harus kita kembangkan untuk belajar berkonsentrasi. 
 
Hal yang kedua adalah bahwa mengembangkan daya konsentrasi sama halnya dengan mengembangkan dan menguatkan otot-otot tubuh kita. Kita perlu latihan yang teratur dan terus menerus. Salah satu teknik untuk mengembangkan daya konsentrasi adalah teknik kontemplasi. 
 
Kontemplasi adalah suatu teknik menggunakan pikiran kita seperti sebuah lampu senter (search light) untuk mencari dan menemukan informasi baru. Untuk melatihnya, anda perlu lakukan setiaphari (sedikitnya 5 menit sampai maksimum 10 menit per latihan). Caranya dimulai dengan fokus terhadap apa yang ingin kita ketahui. Misal, kita ingin mengetahui cara meningkatkan kecerdasan finansial (membaca buku Robert Kiyosaki misalnya), kemudian pikirkan gagasan tersebut secara mendalam dan tanyakan pada diri anda pertanyaan-pertanyaan seperti, "Apa artinya kecerdasan finansial? Apa impilikasinya pada hidup saya? Apakah hal tersebut bisa saya lakukan? Dan seterusnya lakukan sampai sekitar 5-10 menit. Jika anda sudah bisa bertahan konsentrasi 10 menit, tingkatkan kemampuan anda dengan berlatih langsung membaca sebuah buku 10-20 menit. Lakukan setiap hari sampai daya tahan konsentrasi anda meningkat sedikit demi sedikit.
 
2. Membuat Peta Pikiran (Mind Mapping)  
 
Teknik ini merupakan cara untuk meringkas suatu tema atau pokok pikiran yang ada dalam buku. Pertama, kita awali dengan menuliskan tema pokok di tengah-tengah halaman kertas kosong. Kemudian seperti pohon dengan cabang dan ranting kita kembangkan tema pokok menjadi sub tema di sekelilingnya dengan dihubungkan memakai garis seperti jari-jari roda.
 
Berikut adalah langkah atau prinsip dalam membuat peta pikiran dalam buku Accelerated Learning for the 21st Century karangan Colin Rose dan Malcolm J.Nicholl:
 
a. Mulai dengan topik di tengah-tengah halaman.
b. Gunakan kata-kata kunci.
c. Buatlah cabang-cabangnya
d. Gunakan simbol, warna, kata, gambar dan citra (images) lainnya.
e. Gunakan seperti poster dengan dasar putih bersih.
f. Buat tulisan atau gambarnya warna warni
g. Gunakan alat tulis berwarna terang
 
Membuat peta pikiran adalah latihan yang perlu dilakukan terus menerus. Sama halnya seperti teknik kontemplasi, kita perlu berlatih mengunakan petapikiranuntuk mengetahui informasi atau menganalisa masalah.[Bisa juga melihat di Gua Kalong, bagian Peta Konsep dan Otak]
 
3. Relaksasi  
 
Cara ini dikembangkan oleh Sandy MacGregor dalam bukunya Piece of Mind. Padaprinsipnya dikatakan bahwa otak atau pikiran kita lebih mudah menyerap danmengingat informasi pada saat kondisi pikiran kita relaks yang ditunjukkandengan frekuensi gelombang otak yang rendah. Mengenai teknik relaksasipernahdibahas dalam edisi Mandiri sebelumnya. Bagi anda yang berminat mempelajari dapat membaca buku Sandy MacGregor tersebut atau buku SELF MANAGEMENT: 12 Langkah Manajemen Diri karangan Aribowo Prijosaksono dan Marlan Mardianto.
 
Teknik Membaca Cepat
 
Kita hidup dalam zaman di mana kita setiap hari dibanjiri buku baru tentang topik yang kita sukai atau yang berkaitan dengan bidang pekerjaan kita. Pembaca biasa takkan bisa membaca semua buku yang telah diterbitkan tentang topik yang berkaitan dengan bidang bisnis atau profesionalnya. Sedangkan membaca itu sendiri bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus menjengkelkan. Padahal kita semua tahu bahwa membaca sama halnya dengan kita menikmati pertunjukan konser atau film yang bagus. 
 
Membaca melibatkan partisipasi aktif kita. Seluruh emosi, hasrat dan minat kita jugaharus terlibat dalam proses membaca, sehingga membaca menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dengan keterbatasan waktu yang kita miliki, bagaimana kita dapat mengembangkan kemampuan membaca secara efektif sehingga dengan tenggang waktu yang sama, kita bisa mengambil inti dari lebih banyak buku. 
 
Kecuali untuk buku fiksi atau sastra yang memang ingin kita nikmati jalinan cerita, emosi, dan rangkaian kata-katanya, membaca buku nonfiksi (textbook) adalah seperti membaca surat kabar. Yang kita perlukan adalah informasi dan gagasan pokok pengarang. Hanya sedikit orang yang membaca koran dengan cara per bagian, halaman perhalaman. 
 
Kita biasanya membaca beberapa halaman pertama dengan mendetail, lalu hanya sekilas membaca yang lain, mencari topik yang menarik. Sekarang kita akan belajar melakukan hal yang serupa dengan buku yang akan kita baca.Sebelum mulai membaca ada sejumlah alat bantu yang dapat membantu kita untuk dapat memahami keseluruhan isi sebuah buku:
 
Sampul buku:
 
Biasanya pokok pikiran terpenting dari sebuah buku tercetak di sampulnya. Informasi ini membantu penjualan buku dan memberikan perspektif penerbit tentang isi buku. Sampul buku memberikan gambaran kepada kita tentang apa yang akan kita dapatkan di bagian dalam. Biografi penulis:
 
Informasi ini akan memberi tahu kita tentang latar belakang pendidikan,pengalaman dan kegiatan penulis saat ini yang membuat ia bisa menulis buku tersebut. Dengan memahami informasi tentang penulis akan membantu kita untuk lebih mudah mengikuti alur pemikirannya dalam buku tersebut.
 
Bagian awal:
 
Bagian ini terdiri atas kata pengantar, prakata, atau bab pendahuluan (prolog). Biasanya justru bagian-bagian ini yang perlu secara mendalam kita pelajari, karena intisari seluruh gagasan penulis tentang tema buku tersebut terangkumdalam bagian awal buku. Yang jelas bagian ini memaparkan tujuan penulisan –pernyataan misinya. Pada titik ini kita bisa memutuskan untuk membaca lebihlanjut atau kita hanya akan menggunakannya untuk referensi. Daftar
 
Isi:
 
Sebenarnya bagian ini adalah kerangka buku. Penulis menggunakan masing-masing topik bab sebagai gantungan untuk menjelaskan keseluruhan pemikirannya tentang topik tertentu. Ada berapa bagian? Berapa bab? Bacalah Daftar Isi dengan teliti untuk melihat apakah topik-topiknya sesuai dengan apa yang kita cari.
 
Indeks:
 
Teliti indeks di bagian belakang buku. Lihat apakah ada kata-kata kunci yang menarik bagi anda.Kita harus memeriksa semua hal tersebut sebelum membaca bukunya. Inilah yang disebut dengan proses scanning, yaitu kita melihat secara selintas keseluruhan isi dari buku yang akan kita baca. Begitu mulai membaca, kita bisa bebas melompati materi yang sudah kita ketahui atau materi yang tidak kita minati. Pada bagian tertentu kita bisa mendalami karena ada topik atau informasiyangharus kita cermati dan kita cerna lebih dalam. Proses ini disebut dengan proses skimming.
 
Berikut adalah hal-hal yang perlu untuk membaca dengan efektif:
  • Setelah melakukan proses scanning, kita dapat membuat peta pikiran (mindcharting) buku tersebut.Tidak usah terlalu detil, tetapi cukup informatif untuk menjelaskan isi buku dalam satu halaman kertas. Kalau perlu kita lakukan rekonstruksi terhadap daftar isi digabung dengan informasi lain dari biografi, kata pengantar, pendahuluan dan sinopsis di sampul buku tersebut.
  • Siapkan stabilo atau alat tulis untuk menandai informasi atau apa saja yang ingin kita ingat.
  • Pahami jalan pikiran penulis. Semakin cepat kita mengetahui topik, tujuan, pokok masalah materi yang kitabaca, semakin baik pemahaman dan ingatan kita akan hal itu.
  • Hindari baca kata per kata dan kalimat per kalimat. Coba tangkap sekelompok kata dengan mata anda setiap kali menggerakkannya. Apalagi untuk buku berbahasa asing, kita tidak perlu menterjemahkannnya kata demi kata, karena akan menghambat proses penyerapan informasi dalam otak anda. Bandingkan anda membaca dengan bersuara dan membaca dalam hati. Kecepatannyaakan berbeda jauh. Biasanya saya berkonsentrasi pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dari sebuah paragraf, atau mata saya melihat seluruh badan paragraf dan menangkap pesan intinya.
  • Buatlah ringkasan sambil membaca. Jika tak ada ringkasan bab, buatlah sendiri setiap selesai membaca satu bab.
  • Bandingkan dengan tulisan lain bertopik sama yang pernah anda baca. Ingat teknik kontemplasi. Cobalah mengembangkan pertanyaan-pertanyaan dankaitansatu sama lain seperti anda mencari sesuatu dengan senter.
  • Untuk mempermudah kita menggunakan buku tersebut sebagai referensi, kita bisa mencatat isi buku tersebut dalam sebuah buku catatan atau kertas khusus yang dapat kita simpan dan kita lihat kembali setiap saat. 
Demikianlah prinsip-prinsip dan langkah-langkah yang perlu kita ketahui untuk meningkatkan efisiensi membaca. Namun sekali lagi, sama seperti ketrampilan yang lain, membaca memerlukan jam terbang. Kita perlu berlatih, berlatih dan berlatih sehingga kecepatan dan efisiensi membaca kita meningkat dari waktu ke waktu. Selamat membaca dan meningkatkan aset pribadi anda yang paling penting, diri anda sendiri.
 
Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young.
--Henry Ford--

No comments:

Post a Comment